Kiat-kiat Jadi Pengendara yang Sopan Ketika Melewati Tol Cipularang

Sejak selesai dibangun pada April 2005 yang lalu, geliat Tol Cipularang mengalahkan keangkeran berbagai tempat yang ada di Kota Bandung. Seperti Bandung Medical Centre, Isola Kampus UPI, dan Mobil Ambulance Trunojoyo yang selalu setia memberikan cerita angker.

Masih ingat istri pedangdut kesohor Saiful Jamil? ia pun menjadi salah satu korban keangkeran Tol Cipularang. Begitu mengenaskan, memang. Seakan-akan orang yang melewati daerah tersebut sudah diantara dua dunia (re:kematian).

Baru – baru ini kembali lagi terjadi kecelakaan di ruas jalan Tol Cipularang, dikutip dari Tempo.co, “ Tabrakan beruntun kembali terjadi di jalan Tol Cipularang Km 92 arah Jakarta pada Selasa 10 September 2019 siang ini. Dipicu oleh kontainer yang mengalami rem blong.”

Konon katanya, dulu di daerah tersebut merupakan tempat bermain Prabu Siliwangi, dimana patilasannya ada di puncak Gunung Hejo, yang menyerupai makam dan berbungkus kain putih. Tak heran rasanya jika Tol Cipularang selalu memberikan cerita yang menarik untuk diselidiki lebih lanjut.

Namun, sebelum menyelidiki tentang keangkeran Tol Cipularang, ada baiknya kita selalu waspada jika melewati daerah tersebut. Inilah kiat-kiat yang harus dilakukan ketika melewati Tol Cipularang persi balikbandung.id!

  1. Baca Doa Sebelum Bepergian, Ini Wajib Bagi Semua Agama!

Terkadang kita lupa akan hal-hal yang sifatnya menjaga diri, berdoa adalah salah satu yang paling penting kita lakukan. Melalui doa, kita akan selalu diberikan perlindungan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Jangan sesekali menyepelekan doa, baik dimanapun baraya berada. Apalagi jika melewati Tol Cipularang yang katanya angker. Wajib banget buat baca-baca doa, bukan baca kultwit nya dari Aun Rahman ya.

  1. Cek Kondisi Kelaikan Kendaraan, Seperti Bensin, Air Radiator dan Juga Rem Ya!

Kenapa bensin? kenapa air radiator? dan kenapa juga rem? Nah, ketiga faktor tersebut ada satu kesatuan yang saling bersentuhan intim. Jika bensin menipis, laju kendaraan tidak akan stabil. Begitu pula dengan air radiator, yang harus selalu di cek jika sudah mencapai 40.000km, agar mesin tetap stabil dan dingin kaya kamu.

Kalau rem, ini yang paling penting. Sudah banyak korban yang tak berdaya jika rem blong, apalagi lalu lintas jalanan Tol Cipularang yang berbelok dan turunan yang melandai. Membuat rem menjadi koenjti keselamatan baraya saat berkendara.

Jangan kesampingkan ketiga point diatas yah, lebih baik mencegah ketimbang mengobati, seperti jatuh cinta pada orang yang salah misalnya. Eh eh ko malah kesana, skip!

  1. Gunakan Sabuk Pengaman, Jangan Lupa juga Sabuk Celana. Hehe

Jangan sampai lupa untuk menggunakan safety belt, ya bagi orang-orang yang sedikit awam seperti Galih Persiana akan terasa menegangkan (re: serasa naik hysteria) salah satu wahana ter-favorit di Dufan yang wajib pakai safety belt!

Tapi, jangan sampai sabuk pengaman ini dianggap sebagai lelucon semata dengan menggunakannya ketika hendak melewati segerombolan bapak/ibu polisi saja. Omat perbuatan buruk tersebut jangan ditiru!

Karena, sabuk pengaman adalah segalanya, bisa menenangkan saat tidur dijalanan, bisa mencegah benturan dengan dashboard depan mobil, dan tentunya bisa menahan diri untuk tidak menikung pacar orang, ehh skip-skip, yang terakhir maksudnya bisa menikung mobil depan dengan tenang. Hehehe

  1. Siapkan Kondisi Tubuh yang Prima!

Setelah semua perlengkapan kendaraan memadai dan layak jalan, jangan sampai lupa juga untuk memikirkan kondisi tubuh agar tetap prima. Dimulai dari tidur yang cukup sebelum bepergian, inget ya, tidur cukup bukan berlebihan!

Selain itu, bawa juga perlengkapan cemilan sehat yang tidak membuat kantuk, semisal cabai domba, keripik ma icih, dan juga baso aci ganteng. Oh iya, minuman pendampingnya pun diusahakan berkarbonasi dan berkafein, kalau kopi, wajib kopi Jawa Barat Gunung Puntang omat !

Emm ko malah ke makanan dan minuman yah, tapi intinya kondisi tubuh bakalan prima, jika asupan makanan dan minuman yang diterima pun sesuai. Perjalanan melewati Tol Cipularang pun akan terasa biasa saja.

Selalu berhati-hatilah dalam berkendara, aspal tidak semulus pipi Livi Zheng, dan bahu jalan tidak senyaman nyender di bahu Aura Kasih.

Leave a Reply

Feggy Nurdiyansah
  Subscribe  
Notify of

Lagi Ngetrend

Lima tips jadi mahasiswa baru yang kerenable persi Balikbandung.id

Feggy Nurdiyansah

Dibaca 844 Kali

Sepakbola dalam Kedekatan Pembangunan Kota

Reva Bagja Andriana

Dibaca 208 Kali

Menjadi Fahmi, si Anak Jalanan Itu

Mutamarid Ghabi Budu

Dibaca 203 Kali

Kiat-kiat Jadi Pengendara yang Sopan Ketika Melewati Tol Cipularang

Feggy Nurdiyansah

Dibaca 196 Kali

Livi Zheng, Penulis Rilis yang Kebetulan Jadi Sutradara

Fikri Arigi

Dibaca 179 Kali

MUSIK: “Fundamental of Desire”, Parakuat (2019) | ALBUM ESSAY

Bobbie Rendra

Dibaca 166 Kali